Category Archives: Teknik Struktur

Runtuhnya Jembatan di Harbin, China

Download PDF

Oleh spl

Berita musibah semacam ini selalu membuat ahli Teknik Sipil merasa was-was dan sedih. Dalam dunia konstruksi, kita memang mengenal Murphy’s Law yang berbunji: “If anything can go wrong, it will”. Oleh karena itu, dalam melaksanakan suatu rencana bangunan, telah dicoba penjagaan/pengawasan berlapis- lapis. Perhitungan perencanaan yang dibuat oleh seorang insinyur, biasanya dicek lagi oleh insinyur lain yang lebih senior sebelum digambar. Setelah selesai penggambaran, gambar diperiksa lagi oleh ahli lain.

Continue reading “Runtuhnya Jembatan di Harbin, China” »

LAPORAN PERENCANAAN STRUKTUR BANGUNAN

Download PDF

Oleh SPL.

Untuk mendapatkan ijin bangunan gedung bertingkat banyak ( > 8 tingkat ) di Jakarta; antara lain diperlukan Laporan Perencanaan Struktur untuk diserahkan kedinas P2B DKI Jakarta untuk diperiksa oleh tim TPKB DKI Jakarta. Banyak keluhan dan pertanyaan mengenai persyaratan laporan tersebut; meskipun dinas yang bersangkutan dengan bekerja sama organisasi HAKI telah beberapa kali mencoba memberi penerangan dan arahan yang perlu.

Berdasarkan peraturan yang ada dan bahan pelatihan yang pernah diberikan HAKI, penulis mencoba memberi penjelasan tentang perencanaan struktur ; yang mungkin dapat berguna untuk perencana pemula khususnya. Penjelasan ini bukan penjelasan formal; tetapi sekadar info dari sesama rekan perencana struktur.

Continue reading “LAPORAN PERENCANAAN STRUKTUR BANGUNAN” »

Masalah Menentukan Besarnya Gaya Gempa Dasar

Download PDF

oleh spl

Pada peraturan gempa yang menganut dasar “ force –based design “ termasuk SNI 03-1726-2002; besarnya gaya gempa dasar yang dihitung dengan cara statik ekivalen masih digunakan sebagai pembatas besar minimum gaya gempa rencana yang harus dipakai untuk merencanakan bangunan tahan gempa. Rumus gaya gempa dasar tersebut adalah :

Vi = (C_1.I)/R x Wt ……………….. dimana :
Continue reading “Masalah Menentukan Besarnya Gaya Gempa Dasar” »

Soft-Skill Untuk Karir Ahli Teknik

Download PDF

oleh spl

Keahlian ahli teknik dapat dibedakan antara Hard-skill dan Soft-skill. Hard-skill adalah keahlian teknik dibidang tertentu yang kita pelajari dalam jurusan di fakultas teknik, sedang soft-skill adalah keahlian kita dalam mensosialisasikan hubungan antar manusia dalam masyarakat. Dalam arti sempit, soft-skill merupakan kemampuan kita dalam hubungan dan komunikasi dengan orang2 yang terkait dengan pekerjaan kita, mulai dari teman kerja, atasan , rekan kerja dalam proyek ataupun relasi kita dari pihak pemberi tugas/client.

Continue reading “Soft-Skill Untuk Karir Ahli Teknik” »

Top Structural Engineering Firm di USA

Download PDF

oleh spl

Dalam edisi Juli 2011, majalah Structural Engineer memuat daftar 20 top structural engineering firm di USA. Tidak terlalu jelas apa kriteria pemilihanya, tetapi terlepas dari hal itu; kiranya ada hal2 yang menarik untuk disimak. Dari daftar 10 besar, cukup banyak yang kita di Indonesia mengenalnya. Contohnya : TY. Lin Int., Arup, Thornton Tomasetti inc., Wiss. Janey, Elster Assoc. Inc., .Walter P. Moore, Magnusson Klementic ass. Inc. dan Degenklob Engineer.

Continue reading “Top Structural Engineering Firm di USA” »

Penyederhanaan Cara Perhitungan Struktur untuk Bangunan Tahan Gempa Tertentu

Download PDF

oleh rkg, as, dan spl

Peraturan SNI – 03 – 1726 – 2002 belum secara spesifik menentukan cara perhitungan struktur sederhana / bangunan rendah. Dalam ASCE 7-05 struktur jenis tersebut dapat dihitung dengan cara yang disederhanakan. Oleh karena itu penulis mencoba melakukan perhitungan untuk beberapa kasus struktur jenis-jenis ini dan dibandingkan dengan cara statik ekivalen menurut SNI – 03 – 1726 – 2002, untuk mengetahui kemungkinan adaptasi penggunaannya. Ternyata hasil perhitungan tersebut menunjukkan cara sederhana ASCE 7 – 05 pada umumnya lebih konservatif dari cara statik ekivalen SNI – 03 – 1726 – 2002. Dengan demikian dapat disarankan bahwa , cara yang sangat sederhana dari ASCE 7 – 05 untuk digunakan di Indonesia.

Continue reading “Penyederhanaan Cara Perhitungan Struktur untuk Bangunan Tahan Gempa Tertentu” »

Perubahan Provisi Peraturan Gempa untuk ASCE 7-05

Download PDF

oleh spl

Peraturan-peraturan gempa di dunia masih selalu diperbaharui sesuai temuan-temuan studi/pengamatan perilaku bangunan pada waktu terjadi gempa maupun temuan-temuan baru dari hasil riset yang menyakinkan. Di negara maju, pemasangan instrumen pada gedung-gedung di daerah rawan gempa dilakukan dengan intensif, sehingga perilaku sebenarnya dari gedung pada waktu terjadi gempa dapat dipelajari secara lebih efisien. Peraturan gempa Indonesia baru (SNI 1726-02) mengambil UBC’97 sebagai acuan utama. Oleh karena itu, perkembangan peraturan gempa yang banyak dipakai di Amerika Serikat harus pula menjadi perhatian para ahli struktur kita.

Download ChangeToTheSeismicProvisions_UpdateFormatAndContentForASCE7-05

Peraturan Gempa pada IBC 2003 mengenai Earth Quake Loads

Download PDF

oleh spl

Bagi para ahli struktur di Indonesia, peraturan gempa Amerika Serikat sudah menjadi panutan utama, khususnya UBC atau yang sekarang menjadi IBC. Tulisan ini membahas ketentuan tentang beban gempa sesuai peraturan IBC yang baru [IBC 2003] oleh para penulis dan diterbitkan pada majalah Structural Engineer bulan Augustus 2004. Diharapkan tulisan ini cukup membantu untuk mengikuti perkembangan peraturan gempa pada umumnya dan peraturan IBC pada khususnya.

Continue reading “Peraturan Gempa pada IBC 2003 mengenai Earth Quake Loads” »

Ketentuan-Ketentuan SNI 03-1726-2002 Yang Perlu Diubah

Download PDF

oleh spl, as dan rkg

SNI 03-1726-2002(29) merupakan suatu peraturan yang sangat penting untuk perencanaan bangunan gedung di Indonesia sehingga menarik perhatian banyak ahli teknik. Mungkin karena penetapan penerbitannya yang agak mendadak, maka hal ini telah memicu kritik dan kemungkinan telah menimbulkan kecurigaan akan kebenarannya jika terdapat pasal yang kurang pas. Sayangnya banyak kritik yang dilontarkan secara lisan, hanya beberapa saja yang mencoba membahas SNI 03-1726-2002 secara tertulis(10), (18), (21), (22), (28), (37). Antara sesama ahli teknik, sebenarnya semua isu teknik dapat dan perlu dibicarakan secara lebih terbuka agar menjadi tuntas untuk mendapatkan “kebenaran sementara” yang diterima oleh mayoritas ahli teknik Indonesia. Oleh karena para ahli teknik Indonesia sangat sedikit melakukan penelitian sendiri, maka pembuktian tentang kebenaran suatu isu yang diperdebatkan biasanya hanya dapat dilakukan berdasarkan logika pemikiran dan hasil penelitian/tulisan ahli-ahli dari luar negeri. Oleh karena itu, tulisan/laporan hasil penelitian/pengamatan empiris diluar negeri menjadi acuan yang dianggap menentukan, meskipun harus disaring apakah hasil pengamatan itu sesuai dengan kondisiIndonesia atau tidak.


Download Ketentuan-Ketentuan SNI 03-1726-2002 yang perlu diubah

SIBP dan Professionalisme Dibidang Perencanaan Bangunan Gedung Tinggi

Download PDF

oleh spl

Intensitas pembangunan gedung tinggi di kota-kota diluar DKI Jakarta, seperti Surabaya, Bandung dan lain-lain tempat mulai meningkat. Hal ini mungkin perlu diantisipasi dengan mengatur salah satu pelaku utama pembangunan, yaitu para perencana bangunan. Tulisan ini akan membahas cara mengatur pemberian izin kerja dan professionalisme para perencana bangunan gedung tinggi tersebut.

Untuk memudahkan pembicaraan, terlebih dahulu akan diuraikan sejarah dan proses registrasi di Amerika Serikat, sebagai bahan perbandingan dengan proses pemberian SIBP di Indonesia. Continue reading “SIBP dan Professionalisme Dibidang Perencanaan Bangunan Gedung Tinggi” »