Monthly Archives: May 2012

LAPORAN PERENCANAAN STRUKTUR BANGUNAN

Download PDF

Oleh SPL.

Untuk mendapatkan ijin bangunan gedung bertingkat banyak ( > 8 tingkat ) di Jakarta; antara lain diperlukan Laporan Perencanaan Struktur untuk diserahkan kedinas P2B DKI Jakarta untuk diperiksa oleh tim TPKB DKI Jakarta. Banyak keluhan dan pertanyaan mengenai persyaratan laporan tersebut; meskipun dinas yang bersangkutan dengan bekerja sama organisasi HAKI telah beberapa kali mencoba memberi penerangan dan arahan yang perlu.

Berdasarkan peraturan yang ada dan bahan pelatihan yang pernah diberikan HAKI, penulis mencoba memberi penjelasan tentang perencanaan struktur ; yang mungkin dapat berguna untuk perencana pemula khususnya. Penjelasan ini bukan penjelasan formal; tetapi sekadar info dari sesama rekan perencana struktur.

Continue reading “LAPORAN PERENCANAAN STRUKTUR BANGUNAN” »

Marvel’s The Avengers

Download PDF

Avengers Poster

Oleh TA

Minggu ini penulis pergi menonton Marvel’s The Avengers Movie. Memang movie ini sudah ditunggu-tunggu masyarakat penggemar superhero movies karena didalamnya ada beberapa superhero yang ternama. Mereka adalah Captain America, Thor (Dewa Petir), Hulk (Raksasa Hijau), Iron Man, Black Widow, and Hawkeye.

Sebagian besar character seperti Captain America, Thor, Hulk, and Iron Man sudah punya movie sendiri dan cukup bagus juga. Karena mereka tampil bersama didalam movie ini, makanya jadi lebih seru. Bintang pemain juga tidak asing lagi dengan Hollywood blockbusters seperti misalnya Robert Downey Jr. (Tony Stark/Iron Man), Chris Evans (Steve Rogers/Captain America), Scarlett Johansson (Natasha Romanoff/Black Widow), dan Samuel L. Jackson (Nick Fury/Director of S.H.I.E.L.D).

Avengers Superheros

Film ini cukup panjang, kira2 2 jam dan cukup menghibur karena penuh dengan action dan special effects. Plotnya adalah sebagai berikut: The Evil Loki (saudara Thor dari Asgard) datang ke bumi untuk menaklukan manusia dan dia tidak akan berhenti sampai niat jahatnya terkabulkan. Avengers bergabung untuk mencegah Loki memusnahkan Bumi. Mengenai acting dan dialog tidak terlalu banyak, karena ini memang action movie, sehingga lebih banyak pertarungan sengit antara para superhero dan makhluk luar angkasa yang dipimpin oleh Loki.

Link ke Movie’s trailer di YouTube:

Selamat menonton!

52nd Rankine Lecture: Performance Based Design in Geotechnical Engineering

Download PDF

oleh HW

Rankine Lecture yang diselenggarakan setiap tahun oleh British Geotechnical Association (BGA) dan Institution of Civil Engineers (ICE) adalah kuliah yang selalu di tunggu-tunggu oleh para geotechnical engineers baik itu dari kalangan akademisi maupun praktisi. Umumnya, Rankine Lecture disampaikan oleh seorang Professor atau praktisi dari sebuah universitas atau lembaga/perusahaan yang hasil risetnya memberikan kontribusi secara signifikan dalam perkembangan ilmu geoteknik. Kuliah ini dipandang sebagai salah satu kuliah yang sangat bergengsi di bidang geoteknik. Mungkin bisa disamakan dengan anugerah Nobel Laureate prize atau Pulitzer prize.

Isi dari kuliahnya tergantung dari keahlian pembicaranya, seputar perkembangan riset dan praktik geoteknik saat ini dan juga state-of-the-art dari topik-topik spesifik yang disampaikan. Rankine Lecture pertama diberikan oleh Continue reading “52nd Rankine Lecture: Performance Based Design in Geotechnical Engineering” »

Analisa kapasitas fondasi tiang dengan metode Alpha (undrained analysis)

Download PDF

Oleh HW

Tugas yang sering ditemui sebagai seorang geotechnical engineer adalah melakukan perhitungan kapasitas fondasi tiang, baik itu tiang bor ataupun tiang pancang. Penggunaan fondasi tiang untuk konstruksi cakupannya sangat luas misalnya untuk bangunan gedung, dermaga atau pelabuhan, jembatan, dsb. Sering kali juga tiang digunakan sebagai dinding penahan tanah dan juga untuk stabilisasi lereng. Artikel ini memberikan deskripsi secara singkat bagaimana cara menghitung kapasitas fondasi tiang dengan pendekatan perilaku undrained tanah atau yang biasa dikenal dengan nama metode Alpha.

Kriteria stabilitas vs kriteria deformasi

Dalam perencanaan geoteknik, ada dua kriteria yang harus dipenuhi yaitu kriteria stabilitas (ultimate limit state, ULS) dan kriteria deformasi (serviceability limit state, SLS). Stabilitas berkaitan dengan kondisi pada saat failure dimana deformasi yang terjadi sudah sangat besar dan kuat geser tanah sudah termobilisasi secara penuh. Isu kegagalan atau stabilitas ini  harus dihindari dalam desain tetapi kita perlu mengestimasinya untuk memastikan bahwa beban yang terjadi pada tanah tidak melebihi kekuatannya. Continue reading “Analisa kapasitas fondasi tiang dengan metode Alpha (undrained analysis)” »

Buku-Buku Teks Populer: Mekanika Tanah

Download PDF

Oleh HW

Buku-buku teks untuk pembelajaran Mekanika Tanah (Soil Mechanics) sangat banyak tersedia di pasaran. Coba saja search kata “Soil Mechanics Textbook” di Amazon atau Google dan hasilnya bisa membuat kita bingung untuk menentukan pilihan. Sering kali juga dosen memberikan rekomendasi buku-buku teks. Ada juga yang mengandalkan catatan-catatan sendiri yang berasal dari berbagai sumber. Tapi tidak jarang juga dosen yang tidak memberikan rekomendasi. Apapun itu, pemilihan buku teks yang tepat sangat penting dalam pembentukan pemahaman dasar kita mengenai ilmu mekanika tanah yang ‘benar’.

Rekomendasi buku yang diberikan rasanya cukup subjektif, tergantung dari (1) latar belakang pendidikan dan pemahaman dosen; (2) ketersediaan buku dan harga buku; dan (3) mungkin juga karena pihak penerbit memberikan buku teks tersebut secara cuma-cuma kepada si dosen. Artikel ini mencoba untuk memberikan gambaran buku-buku teks Mekanika Tanah yang rasanya ‘wajib’ dibaca dan dipelajari. Sekali lagi rekomendasi yang diberikan disini bisa bersifat subjektif.

Secara sekilas, di mata mahasiswa tingkat dasar, rasanya tidak ada perbedaan yang cukup signifikan dari satu buku teks dengan yang lain. Tetapi, ditelaah lebih mendalam, filosofi yang diadopsi bisa sangat berbeda. Contohnya, buku-buku teks karangan pengarang Amerika dan pengarang British. http://blog.situsteknik.com/blog/2012/05/03/buku-buku-teks-populer-mekanika-tanah/#more-653