Daily Archives: May 3, 2012

Buku-Buku Teks Populer: Mekanika Tanah

Download PDF

Oleh HW

Buku-buku teks untuk pembelajaran Mekanika Tanah (Soil Mechanics) sangat banyak tersedia di pasaran. Coba saja search kata “Soil Mechanics Textbook” di Amazon atau Google dan hasilnya bisa membuat kita bingung untuk menentukan pilihan. Sering kali juga dosen memberikan rekomendasi buku-buku teks. Ada juga yang mengandalkan catatan-catatan sendiri yang berasal dari berbagai sumber. Tapi tidak jarang juga dosen yang tidak memberikan rekomendasi. Apapun itu, pemilihan buku teks yang tepat sangat penting dalam pembentukan pemahaman dasar kita mengenai ilmu mekanika tanah yang ‘benar’.

Rekomendasi buku yang diberikan rasanya cukup subjektif, tergantung dari (1) latar belakang pendidikan dan pemahaman dosen; (2) ketersediaan buku dan harga buku; dan (3) mungkin juga karena pihak penerbit memberikan buku teks tersebut secara cuma-cuma kepada si dosen. Artikel ini mencoba untuk memberikan gambaran buku-buku teks Mekanika Tanah yang rasanya ‘wajib’ dibaca dan dipelajari. Sekali lagi rekomendasi yang diberikan disini bisa bersifat subjektif.

Secara sekilas, di mata mahasiswa tingkat dasar, rasanya tidak ada perbedaan yang cukup signifikan dari satu buku teks dengan yang lain. Tetapi, ditelaah lebih mendalam, filosofi yang diadopsi bisa sangat berbeda. Contohnya, buku-buku teks karangan pengarang Amerika dan pengarang British. http://blog.situsteknik.com/blog/2012/05/03/buku-buku-teks-populer-mekanika-tanah/#more-653