Monthly Archives: September 2012

Seri Surat HAKI/HATTI – Surat No. 001-Haki/2012

Download PDF

Oleh Spl

SURAT NO. 001- haki/2012 ditujukan kepada yang terhormat Badan Pengurus Pusat.

CATATAN: Seri surat-surat ini berisi masalah-masalah teknik praktis yang menurut kami perlu dibahas bersama untuk mendapatkan semacam konsensus dari para ahli teknik di Indonesia. Surat-surat ini dialamatkan ke HAKI/HATTI; karena kami menganggap kedua himpunan yang mempunyai otoritas keilmuan dan layak memberi pedoman/arahan atas masalah yang dipersoalkan. Namun, tentunya rekan-rekan lain bebas dan diminta untuk memberikan masukkan sehingga hasilnya benar-benar merupakan konsensus mayoritas para teknisi di Indonesia.

SNI 03 – 1726 – 20XX
Peraturan gempa Indonesia selalu berusaha mengikuti perkembangan terkini yaitu pengetahuan kegempaan dan belakangan ini berorientasi kepada peraturan di Amerika Serikat yang diperbaharui tiap 3 tahun sekali. Oleh karena itu, pasti akan banyak rekan-rekan praktisi perencana struktur tahan gempa yang merasa sukar mengikuti terbitnya peraturan SNI 03-1726-20xx secara mandiri, karena banyaknya perubahan peraturan yang diperlakukan.

Continue reading “Seri Surat HAKI/HATTI – Surat No. 001-Haki/2012” »

Runtuhnya Jembatan di Harbin, China

Download PDF

Oleh spl

Berita musibah semacam ini selalu membuat ahli Teknik Sipil merasa was-was dan sedih. Dalam dunia konstruksi, kita memang mengenal Murphy’s Law yang berbunji: “If anything can go wrong, it will”. Oleh karena itu, dalam melaksanakan suatu rencana bangunan, telah dicoba penjagaan/pengawasan berlapis- lapis. Perhitungan perencanaan yang dibuat oleh seorang insinyur, biasanya dicek lagi oleh insinyur lain yang lebih senior sebelum digambar. Setelah selesai penggambaran, gambar diperiksa lagi oleh ahli lain.

Continue reading “Runtuhnya Jembatan di Harbin, China” »