Monthly Archives: April 2012

Introduction to Performance-Based Earthquake Engineering (PBEE)

Download PDF

Tulisan ini didedikasikan untuk Prof. Helmut Krawinkler yang meninggal dunia tanggal 16 April 2012 akibat komplikasi tumor otak. Prof. Krawinkler adalah seorang profesor Emeritus di Stanford University yang mempunyai kontribusi yang besar dalam topik Performance-Based Earthquake Engineering (PBEE).

Performance-based Earthquake Engineering atau perencanaan tahan gempa berbasis kinerja adalah sebuah metodologi yang bertujuan untuk mempermudah pengambilan keputusan melalui penilaian atau metode desain yang lebih transparan dan informatif dibandingkan dengan metode yang dipakai saat ini yang lebih preskriptif. Ciri utama PBEE adalah definisi dari kinerja (performance) yang mempengaruhi keputusan mitigasi resiko gempa. Kinerja-kinerja ini bisa merefleksikan total kerugian keuangan, kerugian ‘downtime’, dan resiko jatuhnya korban bencana.

Continue reading “Introduction to Performance-Based Earthquake Engineering (PBEE)” »

Mengenal Michael John Tomlinson

Download PDF

oleh HW

Michael John Tomlinson, yang meninggal pada 8 Februari 2011 berusia 95, adalah salah satu praktisi yang paling terkemuka dan dihormati di bidang geoteknik di seluruh dunia. Warisan yang akan selalu dikenang adalah dua bukunya yang sangat populer “Foundation Design and Construction (7th Edition)” dan “Pile Design and Construction Practice (5th Edition)”.

Tommy, begitu panggilannya, lahir pada tanggal 21 Januari 1916 di Humberside. Ia menjalani pendidikan di Scunthorpe Grammar School. Dia menapaki tangga profesional dengan cara yang keras, mulai sebagai murid kontrak (an articled pupil) di departemen teknik wilayah dari Scunthorpe Corporation. Dia mengatakan bahwa ia terjung ke teknik sipil secara tidak sengaja tetapi, sewaktu masih sebagai murid kontrak, antusiasmenya untuk pekerjaan teknik sipil berat dipacu dengan mengamati proyek perluasan skala besar untuk pekerjaan baja yang dilakukan di Scunthorpe oleh McAlpines.

Antusiasme membawanya Continue reading “Mengenal Michael John Tomlinson” »

Korelasi Vs Dengan qc (Tahanan Konus/Sondir)

Download PDF

oleh : SPL

Ralat April/14/2012: Rumus nomor 4 dan 5 didalam Table I dibawah seharusnya sebagai berikut:

1.     Kecepatan gelombang geser Vs atau ” shear-wave velocity” merupakan parameter yang sangat penting dalam ilmu Dinamika Tanah. Dalam rekayasa gempa ( earthquake engineering ), Vs digunakan untuk menentukan respons dynamic tanah setempat (dynamic site response)dan klasifikasi kegempaan jenis tanah untuk bangunan tahan gempa sesuai pasal 4.6.3 SNI 03-1726 -2002. Tulisan ini khusus membahas cara taklangsung untuk menentukan nilai Vs sebagai parameter untuk menentukan kategori kegempaan jenis tanah sesuai SNI tersebut.

Continue reading “Korelasi Vs Dengan qc (Tahanan Konus/Sondir)” »

“Yuk, panggil Edward yuk.”

Download PDF

oleh  spl

          Forbes Asia bulan Februari 2012 menulis keberhasilan kota Los Angeles,  Amerika Serikat mengurangi kemacetan lalu lintasnya.  Sebelumnya  lalu  lintas  dikota ini dikenal paling parah, tetapi sekarang penulis artikel Forbes Jon  Bruner berkata ;” Driving it’s street has never been better. Honest.”
          Sebelum para Cagub peserta Pilkada berebut menghubungi mas Edward Yu, orang dibalik success perencanaan dan pelaksanaan sistim ATSAC  (Automated Traffic Surveilance & Control) yang dipakai di Los Angeles; sebaiknya kita sedikit mempelajari bagaimana bekerjanya sistim tersebut.

Continue reading ““Yuk, panggil Edward yuk.”” »

Akhir peristiwa runtuhnya jembatan KUKAR

Download PDF

oleh spl
Koran kompas tg 22 Maret 2012 memberitakan sidang yang mengadili orang yang disangka bersalah atas runtuhnya jembatan KUKAR pada bulan desember tahun lalu. Sidang pengadilan dilakukan di Pengadilan Negeri Tenggarong, kabupaten Kutai Kartanegara denga 3 orang terdakwa; yaitu 2 orang pejabat DPU KUKAR yang memangku jabatan Pelaksana Teknis Kegiatan ( PPTK ) dan Kuasa Pengguna Anggaran ( KPU ) serta manjer proyak pemeliharaan jembatan dari pemborong– mereka dijerat Pasal Kelalaian.
Continue reading “Akhir peristiwa runtuhnya jembatan KUKAR” »

Makanan di Daerah Jakarta Barat (Jilid II)

Download PDF

oleh spl

Kali  ini  kiranya bisa  beralih  kepada  jenis  makanan  Barat,  untuk range yang  kita  batasi,  rasanya  akan  termasuk  yang  biasa  dinamakan “Junk Food.”

junk food

Penulis sebenarnya  tidak condong  untuk  menamakan  “Junk  Food”,  mungkin  terutama  mungkin  waktu  kecil  justru  kekurangan  makanan  yang  bergisi, sehingga  pertumbuhan  badanya  agak  kerdil.  Kalau  memakai  ukuran  sekarang,  cara  makan  kita  diwaktu  anak2  mungkin  dapat  dikatakan  kurang  gisi. Kalau  makan  telur,  jatah  seorang paling2  1/4  telur,  bahkan  umumnya  cuma  1/8.  Ayam goreng satu  potong  entah  disuwir-suwir  dibagi  untuk  berapa orang. Continue reading “Makanan di Daerah Jakarta Barat (Jilid II)” »