Category Archives: Forum Bahasan

Seri Surat HAKI/HATTI – Surat No. 001-Haki/2012

Download PDF

Oleh Spl

SURAT NO. 001- haki/2012 ditujukan kepada yang terhormat Badan Pengurus Pusat.

CATATAN: Seri surat-surat ini berisi masalah-masalah teknik praktis yang menurut kami perlu dibahas bersama untuk mendapatkan semacam konsensus dari para ahli teknik di Indonesia. Surat-surat ini dialamatkan ke HAKI/HATTI; karena kami menganggap kedua himpunan yang mempunyai otoritas keilmuan dan layak memberi pedoman/arahan atas masalah yang dipersoalkan. Namun, tentunya rekan-rekan lain bebas dan diminta untuk memberikan masukkan sehingga hasilnya benar-benar merupakan konsensus mayoritas para teknisi di Indonesia.

SNI 03 – 1726 – 20XX
Peraturan gempa Indonesia selalu berusaha mengikuti perkembangan terkini yaitu pengetahuan kegempaan dan belakangan ini berorientasi kepada peraturan di Amerika Serikat yang diperbaharui tiap 3 tahun sekali. Oleh karena itu, pasti akan banyak rekan-rekan praktisi perencana struktur tahan gempa yang merasa sukar mengikuti terbitnya peraturan SNI 03-1726-20xx secara mandiri, karena banyaknya perubahan peraturan yang diperlakukan.

Continue reading “Seri Surat HAKI/HATTI – Surat No. 001-Haki/2012” »

Runtuhnya Jembatan di Harbin, China

Download PDF

Oleh spl

Berita musibah semacam ini selalu membuat ahli Teknik Sipil merasa was-was dan sedih. Dalam dunia konstruksi, kita memang mengenal Murphy’s Law yang berbunji: “If anything can go wrong, it will”. Oleh karena itu, dalam melaksanakan suatu rencana bangunan, telah dicoba penjagaan/pengawasan berlapis- lapis. Perhitungan perencanaan yang dibuat oleh seorang insinyur, biasanya dicek lagi oleh insinyur lain yang lebih senior sebelum digambar. Setelah selesai penggambaran, gambar diperiksa lagi oleh ahli lain.

Continue reading “Runtuhnya Jembatan di Harbin, China” »

Mutu Beton Untuk Tiang Bor di Jakarta

Download PDF

Oleh spl

Akhir-akhir ini penulis menjumpai dipakainya mutu beton fc = 25 Mpa untuk tiang bor tanpa tambahan spesifikasi persyaratan kadar semen, rasio air semen maupun boleh atau tidak dipakainya fly-ash. Oleh karena itu, persyaratan yang diminta seakan-akan hanya kekuatan betonnya saja. Selain kekuatan beton, sebenarnya masih ada karakteristik beton untuk fondasi tiang bor yang baik yang perlu diperhatikan, yaitu :
1. Waktu mengerasnya beton harus cukup lama sampai pembetonan setiap tiang dapat diselesaikan seluruhnya dan tidak diberhentikan ditengah jalan
2. “Slump” beton harus cukup besar untuk menjamin “workability” dan plastisitas beton agar campuran beton dapat lancar mengalir melalui tremie kedalam dasar lubang, serta mendesak endapan dan betonnya keatas dari dasar lubang fondasi
3. Kemampuan “self compaction under self-weight”; hal ini disebabkan karena beton dalam lubang praktis tidak dapat di vibrasi untuk mencapai kepadatan beton minimum yang diperlukan; paling-paling yang masih dapat dilakukan adalah pengecoran beton sambil menaik turunkan tremie
4. Ketahanan terhadap segregasi unsur-unsur beton
5. Ketahanan terhadap pengaruh agresif tanah dan air tanah

Continue reading “Mutu Beton Untuk Tiang Bor di Jakarta” »

UJI BEBAN TIANG PANCANG AKSIAL TEKAN UNTUK PROOF-TEST

Download PDF

Oleh : spl

Ada beberapa isu yang perlu didiskusikan jika kita ingin membahas uji beban tersebut. Sebelum mendiskusikan masalahnya, baiklah kita definisikan terlebih dulu apa yag dimaksud dengan ” proof-test “. Proof-test adalah uji beban yang dimaksud untuk membuktikan secara langsung berapa beban yang dapat dipikul oleh tiang fondasi yang telah terpasang untuk fondasi bangunan, jika dibebani secara statis. Isu yang perlu dibahas adalah :

  1. Berapa banyak dan dalam hal apa uji beban statis perlu dilakukan ?
  2. Apa kriteria pemilihan tiang yang akan di-uji beban ?
  3. Berapa banyaknya tiang yang perlu di uji beban dalam satu fondasi bangunan ?
  4. Berapa besarnya beban maksimum yang diperluka pada waktu uji beban ?
  5. Bagaimana kriteria penentuan kapasitas ultimit dari tiang uji ?
  6. Bagaimana cara mengevaluasi hasil uji beban ?

Continue reading “UJI BEBAN TIANG PANCANG AKSIAL TEKAN UNTUK PROOF-TEST” »

LAPORAN PERENCANAAN STRUKTUR BANGUNAN

Download PDF

Oleh SPL.

Untuk mendapatkan ijin bangunan gedung bertingkat banyak ( > 8 tingkat ) di Jakarta; antara lain diperlukan Laporan Perencanaan Struktur untuk diserahkan kedinas P2B DKI Jakarta untuk diperiksa oleh tim TPKB DKI Jakarta. Banyak keluhan dan pertanyaan mengenai persyaratan laporan tersebut; meskipun dinas yang bersangkutan dengan bekerja sama organisasi HAKI telah beberapa kali mencoba memberi penerangan dan arahan yang perlu.

Berdasarkan peraturan yang ada dan bahan pelatihan yang pernah diberikan HAKI, penulis mencoba memberi penjelasan tentang perencanaan struktur ; yang mungkin dapat berguna untuk perencana pemula khususnya. Penjelasan ini bukan penjelasan formal; tetapi sekadar info dari sesama rekan perencana struktur.

Continue reading “LAPORAN PERENCANAAN STRUKTUR BANGUNAN” »

52nd Rankine Lecture: Performance Based Design in Geotechnical Engineering

Download PDF

oleh HW

Rankine Lecture yang diselenggarakan setiap tahun oleh British Geotechnical Association (BGA) dan Institution of Civil Engineers (ICE) adalah kuliah yang selalu di tunggu-tunggu oleh para geotechnical engineers baik itu dari kalangan akademisi maupun praktisi. Umumnya, Rankine Lecture disampaikan oleh seorang Professor atau praktisi dari sebuah universitas atau lembaga/perusahaan yang hasil risetnya memberikan kontribusi secara signifikan dalam perkembangan ilmu geoteknik. Kuliah ini dipandang sebagai salah satu kuliah yang sangat bergengsi di bidang geoteknik. Mungkin bisa disamakan dengan anugerah Nobel Laureate prize atau Pulitzer prize.

Isi dari kuliahnya tergantung dari keahlian pembicaranya, seputar perkembangan riset dan praktik geoteknik saat ini dan juga state-of-the-art dari topik-topik spesifik yang disampaikan. Rankine Lecture pertama diberikan oleh Continue reading “52nd Rankine Lecture: Performance Based Design in Geotechnical Engineering” »

Analisa kapasitas fondasi tiang dengan metode Alpha (undrained analysis)

Download PDF

Oleh HW

Tugas yang sering ditemui sebagai seorang geotechnical engineer adalah melakukan perhitungan kapasitas fondasi tiang, baik itu tiang bor ataupun tiang pancang. Penggunaan fondasi tiang untuk konstruksi cakupannya sangat luas misalnya untuk bangunan gedung, dermaga atau pelabuhan, jembatan, dsb. Sering kali juga tiang digunakan sebagai dinding penahan tanah dan juga untuk stabilisasi lereng. Artikel ini memberikan deskripsi secara singkat bagaimana cara menghitung kapasitas fondasi tiang dengan pendekatan perilaku undrained tanah atau yang biasa dikenal dengan nama metode Alpha.

Kriteria stabilitas vs kriteria deformasi

Dalam perencanaan geoteknik, ada dua kriteria yang harus dipenuhi yaitu kriteria stabilitas (ultimate limit state, ULS) dan kriteria deformasi (serviceability limit state, SLS). Stabilitas berkaitan dengan kondisi pada saat failure dimana deformasi yang terjadi sudah sangat besar dan kuat geser tanah sudah termobilisasi secara penuh. Isu kegagalan atau stabilitas ini  harus dihindari dalam desain tetapi kita perlu mengestimasinya untuk memastikan bahwa beban yang terjadi pada tanah tidak melebihi kekuatannya. Continue reading “Analisa kapasitas fondasi tiang dengan metode Alpha (undrained analysis)” »

Buku-Buku Teks Populer: Mekanika Tanah

Download PDF

Oleh HW

Buku-buku teks untuk pembelajaran Mekanika Tanah (Soil Mechanics) sangat banyak tersedia di pasaran. Coba saja search kata “Soil Mechanics Textbook” di Amazon atau Google dan hasilnya bisa membuat kita bingung untuk menentukan pilihan. Sering kali juga dosen memberikan rekomendasi buku-buku teks. Ada juga yang mengandalkan catatan-catatan sendiri yang berasal dari berbagai sumber. Tapi tidak jarang juga dosen yang tidak memberikan rekomendasi. Apapun itu, pemilihan buku teks yang tepat sangat penting dalam pembentukan pemahaman dasar kita mengenai ilmu mekanika tanah yang ‘benar’.

Rekomendasi buku yang diberikan rasanya cukup subjektif, tergantung dari (1) latar belakang pendidikan dan pemahaman dosen; (2) ketersediaan buku dan harga buku; dan (3) mungkin juga karena pihak penerbit memberikan buku teks tersebut secara cuma-cuma kepada si dosen. Artikel ini mencoba untuk memberikan gambaran buku-buku teks Mekanika Tanah yang rasanya ‘wajib’ dibaca dan dipelajari. Sekali lagi rekomendasi yang diberikan disini bisa bersifat subjektif.

Secara sekilas, di mata mahasiswa tingkat dasar, rasanya tidak ada perbedaan yang cukup signifikan dari satu buku teks dengan yang lain. Tetapi, ditelaah lebih mendalam, filosofi yang diadopsi bisa sangat berbeda. Contohnya, buku-buku teks karangan pengarang Amerika dan pengarang British. http://blog.situsteknik.com/blog/2012/05/03/buku-buku-teks-populer-mekanika-tanah/#more-653

Introduction to Performance-Based Earthquake Engineering (PBEE)

Download PDF

Tulisan ini didedikasikan untuk Prof. Helmut Krawinkler yang meninggal dunia tanggal 16 April 2012 akibat komplikasi tumor otak. Prof. Krawinkler adalah seorang profesor Emeritus di Stanford University yang mempunyai kontribusi yang besar dalam topik Performance-Based Earthquake Engineering (PBEE).

Performance-based Earthquake Engineering atau perencanaan tahan gempa berbasis kinerja adalah sebuah metodologi yang bertujuan untuk mempermudah pengambilan keputusan melalui penilaian atau metode desain yang lebih transparan dan informatif dibandingkan dengan metode yang dipakai saat ini yang lebih preskriptif. Ciri utama PBEE adalah definisi dari kinerja (performance) yang mempengaruhi keputusan mitigasi resiko gempa. Kinerja-kinerja ini bisa merefleksikan total kerugian keuangan, kerugian ‘downtime’, dan resiko jatuhnya korban bencana.

Continue reading “Introduction to Performance-Based Earthquake Engineering (PBEE)” »

Mengenal Michael John Tomlinson

Download PDF

oleh HW

Michael John Tomlinson, yang meninggal pada 8 Februari 2011 berusia 95, adalah salah satu praktisi yang paling terkemuka dan dihormati di bidang geoteknik di seluruh dunia. Warisan yang akan selalu dikenang adalah dua bukunya yang sangat populer “Foundation Design and Construction (7th Edition)” dan “Pile Design and Construction Practice (5th Edition)”.

Tommy, begitu panggilannya, lahir pada tanggal 21 Januari 1916 di Humberside. Ia menjalani pendidikan di Scunthorpe Grammar School. Dia menapaki tangga profesional dengan cara yang keras, mulai sebagai murid kontrak (an articled pupil) di departemen teknik wilayah dari Scunthorpe Corporation. Dia mengatakan bahwa ia terjung ke teknik sipil secara tidak sengaja tetapi, sewaktu masih sebagai murid kontrak, antusiasmenya untuk pekerjaan teknik sipil berat dipacu dengan mengamati proyek perluasan skala besar untuk pekerjaan baja yang dilakukan di Scunthorpe oleh McAlpines.

Antusiasme membawanya Continue reading “Mengenal Michael John Tomlinson” »