Monthly Archives: January 2012

Masalah Menentukan Besarnya Gaya Gempa Dasar

Download PDF

oleh spl

Pada peraturan gempa yang menganut dasar “ force –based design “ termasuk SNI 03-1726-2002; besarnya gaya gempa dasar yang dihitung dengan cara statik ekivalen masih digunakan sebagai pembatas besar minimum gaya gempa rencana yang harus dipakai untuk merencanakan bangunan tahan gempa. Rumus gaya gempa dasar tersebut adalah :

Vi = (C_1.I)/R x Wt ……………….. dimana :
Continue reading “Masalah Menentukan Besarnya Gaya Gempa Dasar” »

Soft-Skill Untuk Karir Ahli Teknik

Download PDF

oleh spl

Keahlian ahli teknik dapat dibedakan antara Hard-skill dan Soft-skill. Hard-skill adalah keahlian teknik dibidang tertentu yang kita pelajari dalam jurusan di fakultas teknik, sedang soft-skill adalah keahlian kita dalam mensosialisasikan hubungan antar manusia dalam masyarakat. Dalam arti sempit, soft-skill merupakan kemampuan kita dalam hubungan dan komunikasi dengan orang2 yang terkait dengan pekerjaan kita, mulai dari teman kerja, atasan , rekan kerja dalam proyek ataupun relasi kita dari pihak pemberi tugas/client.

Continue reading “Soft-Skill Untuk Karir Ahli Teknik” »

Top Structural Engineering Firm di USA

Download PDF

oleh spl

Dalam edisi Juli 2011, majalah Structural Engineer memuat daftar 20 top structural engineering firm di USA. Tidak terlalu jelas apa kriteria pemilihanya, tetapi terlepas dari hal itu; kiranya ada hal2 yang menarik untuk disimak. Dari daftar 10 besar, cukup banyak yang kita di Indonesia mengenalnya. Contohnya : TY. Lin Int., Arup, Thornton Tomasetti inc., Wiss. Janey, Elster Assoc. Inc., .Walter P. Moore, Magnusson Klementic ass. Inc. dan Degenklob Engineer.

Continue reading “Top Structural Engineering Firm di USA” »