Top Structural Engineering Firm di USA

Download PDF

oleh spl

Dalam edisi Juli 2011, majalah Structural Engineer memuat daftar 20 top structural engineering firm di USA. Tidak terlalu jelas apa kriteria pemilihanya, tetapi terlepas dari hal itu; kiranya ada hal2 yang menarik untuk disimak. Dari daftar 10 besar, cukup banyak yang kita di Indonesia mengenalnya. Contohnya : TY. Lin Int., Arup, Thornton Tomasetti inc., Wiss. Janey, Elster Assoc. Inc., .Walter P. Moore, Magnusson Klementic ass. Inc. dan Degenklob Engineer.

TY. Lin dengan annual revenue sebesar $ 229.3 juta dan jumlah pegawai 2138 memimpin ditingkat pertama. Arup dengan annual revenue $ 228.4 dan 981 pegawai ditempat kedua dan Thornton Timosetti inc dengan $ 98.2 juta serta 550 pegawai ditempat ketiga. Tempat terakhir N0. 20 adalah BHB Consulting Engineers dengan annual revenue $ 2.5 juta dan hanya 25 pegawai. Mungkinkah ada konsultan Struktur (definisinya > 50% revenue dihasilkan dari pekerjaan struktur) di Indonesia yang dapat termasuk dalam kriteria revenue daftar tersebut ?

Yang menarik disimak juga adalah berapa besarnya revenue per pegawai ? Dari daftar tersebut, revenue minmal per pegawai adalah $ 100.000.– dan sebagian besar adalah berkisar $ 100.000,– ss/d $ 150.000,–. Juaranya dipegang ARUP dengan revenue sekitar $ 235.000,– per pegawai. Tentang jumlah pegawai, tidak jelas berapa perbandinga prosentasi pegawai profesional dibanding technisi dan tenaga administrasi, namun angka tersebut jauh lebih besar daripada angka perusahaan konsultan di Indonesia. Dari pengalaman bekerja sama dengan konsultan USA untuk proyek2 world Bank di Indonesia, angka tersebut tidak terbilang tinggi. Beberapa tahun lalu, angka “Billing Rate “ tenaga ahli mereka sudah rata2 lebih dari $ 10.000,– per bulan. Tenaga ahli Jepang lebih tinggi lagi, karena naiknya kurs Yen waktu itu. Adakah yang dapat dikomentari dari informasi tersebut dimuka ??

Print Friendly

One response to “Top Structural Engineering Firm di USA

  1. perlu diingat bahwa gaji pegawai di Amerika sudah termasuk “benefit” yang berupa asuransi kesehatan yang dibayar langsung oleh perusahaan ke asuransi. dinegara lain, seperti Indonesia, mungkin angka gaji tidak termasuk asuransi kesehatan atau biaya lainnya. asuransi kesehatan di Amerika cukup mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.