Category Archives: Sepintas Nusantara

“Yuk, panggil Edward yuk.”

Download PDF

oleh  spl

          Forbes Asia bulan Februari 2012 menulis keberhasilan kota Los Angeles,  Amerika Serikat mengurangi kemacetan lalu lintasnya.  Sebelumnya  lalu  lintas  dikota ini dikenal paling parah, tetapi sekarang penulis artikel Forbes Jon  Bruner berkata ;” Driving it’s street has never been better. Honest.”
          Sebelum para Cagub peserta Pilkada berebut menghubungi mas Edward Yu, orang dibalik success perencanaan dan pelaksanaan sistim ATSAC  (Automated Traffic Surveilance & Control) yang dipakai di Los Angeles; sebaiknya kita sedikit mempelajari bagaimana bekerjanya sistim tersebut.

Continue reading ““Yuk, panggil Edward yuk.”” »

Akhir peristiwa runtuhnya jembatan KUKAR

Download PDF

oleh spl
Koran kompas tg 22 Maret 2012 memberitakan sidang yang mengadili orang yang disangka bersalah atas runtuhnya jembatan KUKAR pada bulan desember tahun lalu. Sidang pengadilan dilakukan di Pengadilan Negeri Tenggarong, kabupaten Kutai Kartanegara denga 3 orang terdakwa; yaitu 2 orang pejabat DPU KUKAR yang memangku jabatan Pelaksana Teknis Kegiatan ( PPTK ) dan Kuasa Pengguna Anggaran ( KPU ) serta manjer proyak pemeliharaan jembatan dari pemborong– mereka dijerat Pasal Kelalaian.
Continue reading “Akhir peristiwa runtuhnya jembatan KUKAR” »

Makanan di Daerah Jakarta Barat (Jilid II)

Download PDF

oleh spl

Kali  ini  kiranya bisa  beralih  kepada  jenis  makanan  Barat,  untuk range yang  kita  batasi,  rasanya  akan  termasuk  yang  biasa  dinamakan “Junk Food.”

junk food

Penulis sebenarnya  tidak condong  untuk  menamakan  “Junk  Food”,  mungkin  terutama  mungkin  waktu  kecil  justru  kekurangan  makanan  yang  bergisi, sehingga  pertumbuhan  badanya  agak  kerdil.  Kalau  memakai  ukuran  sekarang,  cara  makan  kita  diwaktu  anak2  mungkin  dapat  dikatakan  kurang  gisi. Kalau  makan  telur,  jatah  seorang paling2  1/4  telur,  bahkan  umumnya  cuma  1/8.  Ayam goreng satu  potong  entah  disuwir-suwir  dibagi  untuk  berapa orang. Continue reading “Makanan di Daerah Jakarta Barat (Jilid II)” »

Makanan di Daerah Jakarta Barat

Download PDF

oleh spl

difokuskan pada sekitar Taman Ratu dan Puri Indah.

PENGANTAR.

tempat makan

Tulisan ini disiapkan oleh seorang yang pada hari kerja, harus/ingin mencari makan siang yang “ enak “ dan “ terjangkau “. Terjangkau disini dimaksud makan siang dengan kisar harga sekitar Rp 25K ( duapuluh lima ribu rupiah ) s/d kurang dari Rp 100 K per orang dengan catatan paling sedikit makan berdua bersama teman. Dengan kisaran harga ini, maka makanan hotel berbintang dan restoran bintang 5 sudah diluar jangkauan bahasan tulisan ini.
Continue reading “Makanan di Daerah Jakarta Barat” »

Mencegah kemacetan rapat

Download PDF

oleh dl

kemacetan lalu lintas

Sudah berapa kali rapat anda ditunda karena kemacetan lalu lintas Jakarta? Hal ini mungkin semakin lumrah selama kendaraan pribadi bertambah banyak. Dilain pihak, pentingnya mendiskusikan persoalan projek tidak akan berkurang selama setiap orang memiliki ide, pengalaman dan keahlian yang berbeda. Continue reading “Mencegah kemacetan rapat” »

Mengunjungi beberapa blog rekan ahli teknik.

Download PDF

oleh spl

Mengunjungi blog beberapa rekan ahli teknik ternyata membawa pengenalan yang lebih mendalam dari interest dan hobby masing2. Saya akan urut sesuai abjad, jadi blog pertama yang saya kunjungi adalah :
Continue reading “Mengunjungi beberapa blog rekan ahli teknik.” »

Lagi Lagi Jembatan Runtuh

Download PDF

oleh spl

           Koran  Kompas  tanggal  12  Desember 2011 memberitakan  robohnya  jembatan Marunda dijalan  Arteri  Marunda, Cincing  Jakarta  Utara.  Sebenarnya  mungkin  belum  dapat  disebut jembatan, karena  memang  baru  pada  taraf pelaksanaan  pemasangan  gelegar jembatanya. Jembatan ini direncanakan  sebagai jembatan gelegar beton  dengan  bentang  sekitar  31 meter  diatas  dua  tumpuan dan lebar  9 meter. Ada  6  buah  gelegar terbuat  dari  beton pra-tekan yang  akan  dipasang, berbentuk profil I dengan  tinggi  160 cm dan lebar flens 70  cm.  Profil  semacam  ini  memang  kuat  dalam  arah  sumbu  vertikal,  tetapi  lemah dalam  arah  sumbu  horizontal. Urutan  pemasanganya, mula-mula

Continue reading “Lagi Lagi Jembatan Runtuh” »

Usulan Kepada Panitia Penyelidik Runtuhnya Jembatan Kukar

Download PDF

oleh spl

Sehubungan dengan terjadinya keruntuhan jembatan gantung Kukar, pemerintah membentuk panitia penyelidik penyebab keruntuhan yang terutama (atau hanya?) terdiri dari ahli-ahli ITS, UGM dan ITB. Belum jelas berapa banyaknya anggota panitia dan dari bidang keahlian apa saja. Adanya kesempatan agar para ahli ikut menyumbangkan pemikirannya dalam perisitiwa yang langka ini patut dihargai; akan tetapi biar bagaimanapun jumlah anggota panitia “inti” perlu dibatasi agar penyelidikan berjalan effisien. Continue reading “Usulan Kepada Panitia Penyelidik Runtuhnya Jembatan Kukar” »

Komentar Berita Runtuhnya Jembatan Kukar

Download PDF

(Lihat berita “Keruntuhan Jembatan Gantung Kukar tanggal 26 September 2011″)

oleh spl

Tulisan ini tidak dimaksud menambah informasi yang membingungkan, tetapi justru ingin menyoroti mengapa bisa terjadi informasi yang demikian di bumi kita. Jika terjadi peristiwa musibah seperti ini, dapat dimengarti bahwa semua berlomba-lomba mendapatkan kabar paling aktuil. Dan kita biasanya tidak terlalu peduli kebenaranya. Bagi wartawan, keterangan dari petugas yang berwewenang atau yang dianggap ahli, disiarkan begitu saja tanpa ada usaha ” check and recheck”, meskipun tanggapan yang didapat sering tidak logis/tidak dalam konteks yang ditanyakan karena pertanyaannya mungkin juga tidak mengena. Tentunya ini ada kaitanya dengan tingkat pemahaman si penanya.

Continue reading “Komentar Berita Runtuhnya Jembatan Kukar” »