Mengunjungi beberapa blog rekan ahli teknik.

Download PDF

oleh spl

Mengunjungi blog beberapa rekan ahli teknik ternyata membawa pengenalan yang lebih mendalam dari interest dan hobby masing2. Saya akan urut sesuai abjad, jadi blog pertama yang saya kunjungi adalah :

http://benusaganiblog.wordpress.com. Saya mengenal pak Ben sejak lama sebagai perenang dan pemain polo air yang handal; ini sesuai dengan postur badanya yang ideal untuk itu. Mengingat pengalaman kerjanya, ia juga menjadi salah satu pakar tentang konstruksi on-shore dan mungkin yang sedikit kearah off-shore juga. Selama ini ia menekuni dan radjin mengikuti seminar dan meninjau pelaksanaan proyek2 terkait diluar negeri. Saya kurang tahu bahwa minatnya terhadap dan pengetahuanya tentang jembatan2 sangat panjang ternyata mendalam, terutama dari segi pelaksanaanya. Tulisan terakhir pada blognya menerangkan berbagai kendala yang mungkin harus dihadapi dalam pelaksanaan Jembatan Jawa- Sumatera yang dicanangkan pemerintah. Contoh2-nya mengenai berbagai aspek pelaksanaan jembatan sangat panjang sangat meyakinkan; sehingga perlu kiranya “decision maker” dan perencana jembatan Jawa – Sumatera perlu memperhatikanya.

Blog selanjutnya adalah blog : pak Gouw T. Liong : http://gouw2007.wordpress.com. Saya mengenalnya sebagai seorang muda yang rajin dan pandai dengan interest utamanya “geoteknik” Meskipun tahu ia juga mengajar di beberapa fakultas teknik, tetapi dulunya terlihat ia lebih interest kepada spesialisanya dan kurang terhadap pendidikan teknik Sipil umum. Membaca tulisan yang memotivasi mahasiswa dan rekan2 yang lebih muda; baru terlihat bahwa ia menaruh minat yang besar terhadap pendidikan secara umum.. Salah satu ciri blognya adalah bahasa yang digunakan kebanyakan bahasa Inggris.

Kemudian saya mampir pula di blog teman saya : http://irawanfirmansyah.wordpress.com. Membaca tulisan ” Simpilfied soil profile dan daya dukung fondasi tiang di Jakarta.”; saya terperangah atas kelapangan hatinya membagi pengalaman dan data proyeknya pada rekan2 lain. Dalam suasana Indonesia sekarang ini dimana kebanyakan orang hanya memikirkan dirinya saja dan dalam persaingan usaha yang sangat keras; jarang orang mau berbuat seperti dia. Barang siapa yang mulai berkenalan, mungkin mempunyai kesan orang ini kurang ramah dan bicaranya ketus. Yang dibicarakan juga kebanyakan mengenai keahlian dan interest utamanya, yaitu bidang geoteknik – sehingga mungkin orang berpikir 2 kali sebelum menjalin pertemanan. Tetapi dari blognya terlihat ternyata interest terhadap hal2 lain sangat luas dan manusiawi. Saya sendiri yang cukup lama berteman baru mengetahui interest dan pengetahuanya terhadap music jazz yang mendalam.

Blog terakhir adalah milik pak Wiryanto Dewabroto dari UPH —- http://wiryanto.wordpress.com. Blog ini yang paling ramai dikunjungi, mungkin karena jabatan pak Wir sebagai dosen, mungkin juga memang blognya menarik mahasiswa dan rekan yang muda.

Print Friendly

One response to “Mengunjungi beberapa blog rekan ahli teknik.

  1. Terima kasih P Lim atas pujian dan sekaligus juga bahan renungan saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.