Daily Archives: December 14, 2011

Lagi Lagi Jembatan Runtuh

Download PDF

oleh spl

           Koran  Kompas  tanggal  12  Desember 2011 memberitakan  robohnya  jembatan Marunda dijalan  Arteri  Marunda, Cincing  Jakarta  Utara.  Sebenarnya  mungkin  belum  dapat  disebut jembatan, karena  memang  baru  pada  taraf pelaksanaan  pemasangan  gelegar jembatanya. Jembatan ini direncanakan  sebagai jembatan gelegar beton  dengan  bentang  sekitar  31 meter  diatas  dua  tumpuan dan lebar  9 meter. Ada  6  buah  gelegar terbuat  dari  beton pra-tekan yang  akan  dipasang, berbentuk profil I dengan  tinggi  160 cm dan lebar flens 70  cm.  Profil  semacam  ini  memang  kuat  dalam  arah  sumbu  vertikal,  tetapi  lemah dalam  arah  sumbu  horizontal. Urutan  pemasanganya, mula-mula

Continue reading “Lagi Lagi Jembatan Runtuh” »

Usulan Kepada Panitia Penyelidik Runtuhnya Jembatan Kukar

Download PDF

oleh spl

Sehubungan dengan terjadinya keruntuhan jembatan gantung Kukar, pemerintah membentuk panitia penyelidik penyebab keruntuhan yang terutama (atau hanya?) terdiri dari ahli-ahli ITS, UGM dan ITB. Belum jelas berapa banyaknya anggota panitia dan dari bidang keahlian apa saja. Adanya kesempatan agar para ahli ikut menyumbangkan pemikirannya dalam perisitiwa yang langka ini patut dihargai; akan tetapi biar bagaimanapun jumlah anggota panitia “inti” perlu dibatasi agar penyelidikan berjalan effisien. Continue reading “Usulan Kepada Panitia Penyelidik Runtuhnya Jembatan Kukar” »

Komentar Berita Runtuhnya Jembatan Kukar

Download PDF

(Lihat berita “Keruntuhan Jembatan Gantung Kukar tanggal 26 September 2011″)

oleh spl

Tulisan ini tidak dimaksud menambah informasi yang membingungkan, tetapi justru ingin menyoroti mengapa bisa terjadi informasi yang demikian di bumi kita. Jika terjadi peristiwa musibah seperti ini, dapat dimengarti bahwa semua berlomba-lomba mendapatkan kabar paling aktuil. Dan kita biasanya tidak terlalu peduli kebenaranya. Bagi wartawan, keterangan dari petugas yang berwewenang atau yang dianggap ahli, disiarkan begitu saja tanpa ada usaha ” check and recheck”, meskipun tanggapan yang didapat sering tidak logis/tidak dalam konteks yang ditanyakan karena pertanyaannya mungkin juga tidak mengena. Tentunya ini ada kaitanya dengan tingkat pemahaman si penanya.

Continue reading “Komentar Berita Runtuhnya Jembatan Kukar” »